SILABUS DAN MATERI KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG RAMU
GUGUS DEPAN SDIT
MATAHATI
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Kegiatan
|
1
|
1. Memahami sejarah singkat berdirinya pramuka
dan mengamalkan kode kehormatan pramuka dalam segala aspek kehidupan
|
1.1 Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia
|
1.1 Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia
|
Sejarah kepramukaan dan kode kehormatan Pramuka
|
1.2 Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia
|
1.2 Mengetahui sejarah singkat pramuka di
Indonesia
|
|||
1.3 Mengetahui dan mengamal kan Tri satya pramuka
dan Dasa Dharma dalam kehidupan keluarga, sekolah & masyarakat
|
1.3 Menghafalkan Tri Satya Pramuka dan Dasa
Dharma
|
Dasa Dharma dan Trisatya
|
||
1.4 Mengamalkan Tri Satya Pramuka dalam kehidupan
keluarga , sekolah dan masyarakat
|
||||
2
|
2. Memahami makna PBB serta manfaat PBB dalam
pendidikan kepramukaan serta mampu mengimplementasikan dalam upacara
Penggalang
|
2.1 Memperagakan gerak lanjutdalam PBB (sikap sempurna,
hadap kanan/ kiri, balik kanan / kiri)
|
2.1 Memperagakan gerak dasar dalam PBB (sikap
sempurna, hadap kanan/kiri, balik kanan/kiri)
|
PBB dan Latihan Upacara
|
2.2 Memperagakan upacaraPenggalang di
lapangan
|
2.2 Memperagakan upacara Penggalang di lapangan
|
|||
3
|
3. Memahami macam-macam SANDI dan mengetahui
fungsi bendera semaphore
|
3.1 Mengetahui macam-macam SANDI
|
3.1 Mengetahui macam-macam SANDI
|
Huruf SANDI
|
3.2 Mengetahui fungsi bendera Semaphore
|
3.2 Mengetahui fungsi bendera Semaphore
|
Semaphore
|
||
3.3 Memperagakan bendera semaphore dengan benar
|
3.3 Memperagakan bendera semaphore dengan benar
|
|||
4
|
4. Memahami manfaat kegunaan kompas dalam
kehidupan sehari-hari
|
4.1 Menggunakan pedoman kompas dengan benar
|
4.1 Menggunakan pedoman kompas dengan benar
|
Pedoman kompas
|
5
|
5. Memahami penggunaan tali, cara mendirikan
tenda dan berkemah
|
5.1 Membuat macam-macam simpul tali dan menyambung
tongkat
|
5.1 Mengetahui macam-macam simpul tali dan
menyambung tongkat
|
Tali temali, cara mendirikan tenda, dan berkemah
|
5.2 Membuat tandu dan kaki tiga
|
5.2 Membuat tandu dan kaki tiga
|
|||
5.3 Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda
|
5.3 Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda
|
|||
6
|
6. Memahami arti dan manfaat api unggun dalam
kepramukaan
|
6.1 Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah
|
6.1 Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun
dalam berkemah
|
Api unggun
|
6.2 Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah
|
6.2 Membuat miniatur api unggun di lapangan
sekolah
|
|||
7
|
7. Memahami resep dasar memasak
|
7.1 Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana
|
7.1 Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an
sederhana
|
Tata boga
|
7.2 Latihan memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan
lauk-pauk)
|
7.2 Latihan memasak tingkat lanjut (membuat sayur
dan lauk-pauk)
|
|||
8
|
8. Memahami cara membuat hasta karya
|
8.1 Membuat kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug)
|
8.1 Membuat kerajinan dari jerami/dedaunan (atap
gubug)
|
Hasta karya Pramuka
|
8.2 Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas
|
8.2 Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang
bekas
|
|||
9
|
9. Memahami lambang gerakan pramuka serta tata
struktur organisasi pramuka
|
9.1 Mengetahui lambang gerakan pramuka
|
9.1 Mengetahui lambang gerakan pramuka
|
Lambang Gerakan Pramuka dan struktur kepramukaan
|
9.2 Mengetahui definisi struktur organisasi pramuka sekolah
|
9.2 Mengetahui definisi dan struktur organisasi pramuka
sekolah
|
|||
9.3 Membentuk kepengurusan regu
|
9.3 Membentuk kepengurusan regu
|
|||
10
|
10. Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka
|
10.1 Mengetahui arti musyawarah secara sederhana
|
10.1 Mengetahui arti musyawarah dan mufakat secara sederhana
|
Musyawarah dan mufakat Pramuka
|
10.2 Bermusyawa rah membuat jadwal latihan lanjut
|
10.2 Bermusyawarah membuat jadwal latihan lanjut
|
|||
11
|
11. Memahami tanda-tanda jejak peta dalam kepramukaan
|
11.1 Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
11.1 Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam
kepramukaan
|
Mencari jejak dan penggunaan peta
|
11.2 Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
11.2 Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
|||
12
|
12. Memahami definisi dan praktek P3K
|
12.1 Mengetahui arti P3K
|
12.1 Mengetahui arti P3K
|
P3K
|
12.2 Mengetahui cara dalam praktek P3K
|
12.2 Mengetahui cara praktek P3K
|
|||
12.3 Memperagakan P3K dan PPSD
|
12.2 Memperagakan P3K dan PPGD
|
|||
13
|
13. Memahami definisi jelajah alam dan out bound
|
13.1 Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan outbond
|
13.1 Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan out bound
|
Jelajah alam dan out bout
|
13.2 Mengetahui macam-macam jenis out bound
|
13.2 Mengetahui macam-macam jenis outbound
|
|||
13.3 Jelajah alam dan out bound sederhana
|
13.3 Jelajah alam dan out bout sederhana
|
|||
14
|
14. Memahami macam-macam lagu wajib dan lagu daerah.
|
14.1 Mengetahui macam- macam lagu wajib dan lagu daerah
|
14.1 Mengetahui macam-macam lagu wajib dan lagu daerah
|
Lagu-lagu wajib dan daerah
|
14.2 Menyanyikan lagu wajib dan daerah dengan lafal dan intonasi yang
benar
|
14.2 Menyanyikan lagu wajib dan salh satu lagu daerah dengan
lafal dan intonasi yang benar
|
|||
15
|
15. Memahami makna bakti karya Penggalang.
|
15.1 Mengetahui makna bakti karya Penggalang
|
15.1 Mengetahui makna bakti karya Penggalang
|
Bakti karya
|
15.2 Bakti karya
Penggalang untuk desa
|
15.2 Bakti
karya penggalang untuk masyarakat pegunungan
|
SILABUS KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG RAKIT
GUGUS DEPAN SDIT MATAHATI
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
1. Memahami sejarah singkat
berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan pramuka dalam segala aspek
kehidupan
|
1.1 Mengetahui sejarah
singkat pramuka dunia
|
o Menyebutkan tokoh pramuka dunia
|
Sejarah Kepramukaan dan kode kehormatan Pramuka
|
o Menyebutkan organisasi pramuka
dunia
|
|||
1.2 Mengetahui sejarah
singkat pramuka di Indonesia
|
o Menjelaskan Sejarah singkat
pramuka di Indonesia
|
||
o Menyebutkan tokoh pramuka Indonesia
|
|||
1.3 Mengetahui
dan mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan
keluarga, sekolah & masyarakat
|
o Menjelaskan isiTri Satya dan Dasa
Dharma Pramuka
|
Dasa Dharma dan Trisatya
|
|
o Menerapkan isi Trisatya dan
Dasa Dharma Pramuka
|
|||
2. Memahami makna PBB serta
manfaat PBB dalam pendi- dikan kepramuka an serta mampu mengimplementasikan
dalam upacaraPENGGALANG
|
2.1 Memperagakan
gerak lanjut dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri, balik kanan /
kiri)
|
o Latihan PBB dasar
|
PBB dan Latihan Upacara
|
2.2 Memperagakan
upacaraPenggalang di lapangan
|
Ø Latihan sikap sempurna sampai
gerak jalan
|
||
Ø Menulis langkah-langkah upacara
|
|||
Ø UpacaraPenggalang
|
|||
3. Memahami macam- macam SANDI dan
mengetahui fungsi bendera Semaphore
|
3.1 Mengetahui
macam-macam SANDI
|
Ø Mengungkapan Isi suatu SANDI
|
SANDI dan SEMAPHORE
|
3.2 Mengetahui
fungsi bendera Semaphore
|
Ø Menyebutkan fungsi SANDI dan
semaphore
|
||
3.3 Memperagakan
bendera semaphore dengan benar
|
Ø Memperagakan bendera Semaphore
|
||
4. Memahami kegunaan kompas
dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1 Menggunakan
pedoman kompas dengan benar
|
Ø Menggunakan pedoman kompas dalam
berkemah
|
Pedoman Kompas
|
5. Memahami penggu naan
tali, cara mendirikan tenda dan berkemah
|
5.1 Membuat
macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat
|
Ø Membuat beragam simpul tali
|
Tali temali, cara mendirikan tenda, dan berkemah
|
5.2 Membuat tandu dan
kaki tiga
|
Ø Menyambung tongkat
|
||
5.3 Mengetahui cara
dan praktek mendirikan tenda
|
* Membuat tandu
|
||
* Membuat kaki 3
|
|||
* Menyebutkan
cara mendirikan tenda
|
|||
* Mendirikan
tenda
|
|||
6. Memahami arti dan manfaat
api unggun dalam ke pramukaan
|
6.1 Mengetahui bentuk
dan kegunaan api unggun dalam berkemah
|
* Menyebutkan
kegunaan api unggun
|
Api unggun
|
6.2 Membuat miniatur
api unggun di lapangan sekolah
|
* Membuat
miniatur api unggun di SD
|
||
7. Memahami resep dasar
memasak
|
7.1 Membuat resep /
bumbu masakan / rujak-an sederhana
|
* Membuat resep
rujak an dan sayuran
|
Tata Boga
|
7.2 Latihan memasak
tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk)
|
* Memasak
sayuran dan membuat lauk pauk
|
||
8. Memahami cara membuat
hasta karya
|
8.1 Membuat kerajinan
dari jerami / dedaunan (atap gubug)
|
* Membuat
anyaman atap gubug
|
Hasta karya Pramuka
|
8.2 Membuat kerajinan
dari alam sekitar / barang bekas
|
* Membaut sendal
kayu
|
||
9. Memahami lambang gerakan
pramuka serta tata struktur organisasi kepramukaan
|
9.1 Mengetahui lambang
gerakan pramuka
|
* Menjelaskan
arti lambang pramuka
|
Lambang gerakan pramuka dan struktur kepramukaan
|
9.2 Mengetahui
definisi struktur organisasi pramuka sekolah
|
* Menjelaskan
arti struktur organisasi pramuka
|
||
9.3 Membentuk
kepengurusan regu
|
* Membuat
pengurus regu
|
||
10.
Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka
|
10.1 Mengetahui arti musyawarah
secara sederhana
|
* Menjelaskan
arti musyawarah dan mufakat
|
Musyawarah & mufakat pramuka
|
10.2 Bermusyawa rah membuat jadwal
latihan lanjut
|
* Bermusyawarah
membuat jadwal latihan
|
||
11. Memahami tanda- tanda
jejak peta dalam kepramukaan
|
11.1 Mengetahui berbagai tanda
jejak dan peta dalam kepramukaan
|
* Membuat tanda
jejak dan peta penjelajahan
|
Mencari jejak dan penggunaan peta
|
11.2 Menggunakan tanda jejak dan
peta dalam kepramukaan
|
* Menggunakan
tanda jejak dan peta jelajah
|
||
12. Memahami definisi dan
praktek P3K
|
12.1 Mengetahui arti P3K
|
* Menjelaskan
arti P3K
|
P3K
|
12.2 Mengetahui cara dalam praktek
P3K
|
* Menyebutkan cara
praktik P3K
|
||
12.3 Memperagakan P3K dan PPSD
|
* Praktik
PPGD/P3K
|
||
13. Memahami definisi
jelajah alam dan outbond
|
13.1 Mengetahui pengertian dasar
jelajah alam dan outbond
|
* Menjelaskan
arti jelajah alam & out bound
|
Jelajah alam dan outbound
|
13.2 Mengetahui macam-macam jenis
out bound
|
* Menyebutkan
macam- macam jenis out bound
|
||
13.3 Jelajah alam dan out bound
sederhana
|
* Penjelajahan
dan out bound
|
||
14. Memahami macam-macam
lagu wajib dan lagu daerah.
|
14.1 Mengetahui macam- macam lagu
wajib dan lagu daerah
|
* Menyebutkan
macam- macam lagu wajib dan daerah
|
Lagu - lagu wajib dan daerah
|
14.2 Menyanyikan lagu wajib dan
daerah dengan lafal dan intonasi yang benar
|
* Menyanyikan
lagu Indonesia Raya
|
||
* Menyanyikan 2
lagu daerah
|
|||
15. Mengetahui makna bakti
karya penggalang
|
15.1 Mengetahui makna bakti karya
Penggalang
|
* Menjelaskan
arti dan tujuan Bakti Karya Penggalang
|
Bakti Karya PENGGALANG
|
15.2 Bakti karya Penggalang untuk
desa
|
* Bakti karya
penggalang untuk masyarakat pegunungan
|
SILABUS KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG TERAP
GUGUS DEPAN SDIT MATAHATI
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
1. Memahami sejarah singkat
berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan pramuka dalam segala aspek
kehidupan
|
1.1 Mengetahui sejarah
singkat pramuka dunia
|
* Menganalis nilai-nilai perjuangan para tokoh pramuka dunia
|
Sejarah Kepramukaan dan kode kehormatan Pramuka
|
* Menganalisis
peran organisasi pramuka dunia
|
|||
1.2 Mengetahui sejarah
singkat pramuka di Indonesia
|
Mendeskripsikan sejatah pramuka
Indonesia
|
||
Mengidentifikasi nilai-nilai
kepramukaan pada tokoh pramuka Indonesia
|
|||
1.3 Mengetahui
dan mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan
keluarga, sekolah & masyarakat
|
Menganalisis isi Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka
|
Dasa Dharma dan Trisatya
|
|
Memberikan contoh penerapan isi Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka
|
|||
2. Memahami makna PBB serta
manfaat PBB dalam pendi- dikan kepramuka an serta mampu mengimplementasikan dalam
upacaraPENGGALANG
|
2.1 Memperagakan
gerak lanjut dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri, balik kanan /
kiri)
|
* Latihan PBB
lanjutan
|
PBB dan Latihan Upacara
|
2.2 Memperagakan
upacara Penggalang di lapangan
|
* Menulis
langkah-langkah upacara
|
||
* Latihan
petugas upacra
|
|||
* Mempraktekan
UpacaraPenggalag
|
|||
3. Memahami macam- macam
SANDI dan mengetahui fungsi bendera Semaphore
|
3.1 Mengetahui
macam-macam SANDI
|
* Membuatu
contoh SANDI
|
SANDI dan SEMAPHORE
|
3.2 Mengetahui
fungsi bendera Semaphore
|
* Menganalisis
kegunaan SANDI dan semaphore
|
||
3.3 Memperagakan
bendera semaphore dengan benar
|
* Memperagakan
bendera Semaphore
|
||
4. Memahami kegunaan kompas
dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1 Menggunakan
pedoman kompas dengan benar
|
Melatih penghitungan dan
pengukuran arah yang dituju.
|
Pemnfaatan Kompas
|
5. Memahami penggu naan
tali, cara mendirikan tenda dan berkemah
|
5.1 Membuat
macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat
|
Mengetahui pembuatn
Tandu-Tali Temali.
|
Tali temali, cara mendirikan tenda, dan berkemah
|
5.2 Membuat tandu dan
kaki tiga
|
Membuat tandu
|
||
5.3 Mengetahui cara
dan praktek mendirikan tenda
|
Mendirikan tenda
|
||
6. Memahami arti dan manfaat
api unggun dalam ke pramukaan
|
6.1 Mengetahui bentuk
dan kegunaan api unggun dalam berkemah
|
* Menganalisis
manfaat api unggun
|
Api unggun
|
6.2 Membuat miniatur
api unggun di lapangan sekolah
|
* Membuat
miniatur api unggun
|
||
7. Memahami resep dasar
memasak
|
7.1 Membuat resep
makanan ringan
|
* Membuat resep
makanan ringan
|
Tata Boga
|
7.2 Latihan memasak
tingkat lanjut (membuat makanan ringan)
|
* Membuat atau
memasak makanan ringan
|
||
8. Memahami cara membuat
hasta karya
|
8.1 Membuat kerajinan
dari jerami / dedaunan (atap gubug)
|
Mampu mengembangkan kreativitas
secara mandiri atau beregu.
|
Hasta karya Pramuka
|
8.2 Membuat kerajinan
dari alam sekitar / barang bekas
|
Membauat kerajinan tangan secara
mandiri dan beregu
|
||
9. Memahami lambang gerakan pramuka
serta tata struktur organisasi kepramukaan
|
9.1 Mengetahui lambang
gerakan pramuka
|
* Menjelaskan
arti lambang pramuka
|
Lambang gerakan pramuka dan struktur kepramukaan
|
9.2 Mengetahui
definisi struktur organisasi pramuka sekolah
|
* Menjelaskan
arti struktur organisasi pramuka
|
||
9.3 Membentuk
kepengurusan regu
|
* Membuat
pengurus regu
|
||
10.
Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka
|
10.1 Mengetahui arti musyawarah
secara sederhana
|
*
Mengindentifikasi nilai-nilai musyawarah dan mufakat
|
Musyawarah & mufakat pramuka
|
10.2 Bermusyawa rah membuat jadwal
latihan lanjut
|
* Mempraktekan
kegiatan musyawarah
|
||
11. Memahami tanda- tanda
jejak peta dalam kepramukaan
|
11.1 Mengetahui berbagai tanda
jejak dan peta dalam kepramukaan
|
Membaca peta medan di atas kertas dan dapat mengukur ketinggian yang akan
dituju.
|
Panorama
|
11.2 Menggunakan tanda jejak dan
peta dalam kepramukaan
|
* Mampu membuat
dan memindahkan medan ke dalam secarik kertas menjadi sebuah peta
|
Peta-Pita
|
|
12. Memahami definisi dan
praktek P3K
|
12.1 Mengetahui arti P3K
|
* Mengetahui
obat yang akan diberikan kepada rekan yang luka ringan.
|
P3K
|
12.2 Mengetahui cara dalam praktek
P3K
|
* Mengetahui
cara penggunaan obat yang akan diberikan kepada rekan yang luka ringan.
|
||
12.3 Memperagakan P3K dan PPSD
|
* Praktik
PPGD/P3K
|
||
13. Memahami definisi
jelajah alam dan outbond
|
13.1 Mengetahui pengertian dasar
jelajah alam dan outbond
|
* Menjelaskan
arti jelajah alam & out bound
|
Jelajah alam dan outbound
|
13.2 Mengetahui macam-macam jenis
out bound
|
* Menyebutkan
macam- macam jenis out bound
|
||
13.3 Jelajah alam dan out bound
sederhana
|
* Penjelajahan
dan out bound
|
||
14. Memahami macam-macam
lagu wajib dan lagu daerah.
|
14.1 Mengetahui macam- macam lagu
wajib dan lagu daerah
|
* Menyebutkan
macam- macam lagu wajib dan daerah
|
Lagu - lagu wajib dan daerah
|
14.2 Menyanyikan lagu wajib dan
daerah dengan lafal dan intonasi yang benar
|
* Menyanyikan
lagu Indonesia Raya
|
||
* Menyanyikan
3 lagu daerah
|
|||
15. Mengetahui makna bakti
karya penggalang
|
15.1 Mengetahui makna bakti karya
Penggalang
|
* Menganalisis
arti dan tujuan Bakti Karya Penggalang
|
Bakti Karya PENGGALANG
|
15.2 Bakti karya Penggalang untuk
desa
|
* Bakti karya
penggalang untuk masyarakat pedesaan
|
TERIMA KASIH ILMUNYA. TETAP SEMANGAT DALAM BERKARYA.
BalasHapusAslm gimana caranya bisa men download File ini. Tolong saya diberi tahu. trims sebelumnya
BalasHapuscopas saja
HapusTerima Kasih atas ilmunya, sangat bermanfaat.
BalasHapusizin copast yah, jazakumullahu khoiron katsiro
BalasHapusLUAR BIASA
BalasHapus