Selasa, 04 September 2018

RPP KENAMPAKAN ALAM


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
Kelas/Semester            : IV (empat)/1 (satu)
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Pokok Bahasan           : Kenampakan Alam
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit
A.      Standar Kompetensi
1.    Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi.
B.       Kompetensi Dasar
1.2 Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial dan budaya.
C.      Indikator
1.    Menjelaskan definisi kenampakan alam.
2.    Mengelompokkan macam-macam kenampakan alam berdasarkan bentuk permukaan bumi.
D.      Tujuan
1.      Dengan kegiatan mengamati, siswa mampu menjelaskan definisi kenampakan alam dengan tepat.
2.      Dengan kegiatan diskusi, siswa mampu mengelompokkan macam-macam kenampakan alam berdasarkan bentuk permukaan bumi.
E.       Materi Ajar
Kenampakan Alam
Kenampakan alam (bentang alam) adalah segala sesuatu yang ada di alam dan terbentuk oleh peristiwa alam. Kenampakan alam yang dapat kita lihat adalah yang ada dipermukaan bumi. Permukaan bumi terdiri atas daratan dan perairan. Bentuk permukaan bumi ada dua yaitu wilayah daratan dan perairan.
1.    Wilayah daratan
Adalah bagian dari permukaan bumi yang tidak difgenangi air dan berbentuk padat Kenampakan alam yang termasuk wilayah daratan adalah sebagai berikut.
a.       Dataran rendah
Adalah wilayah datar yang memiliki ketinggian 0-200 meter di atas permukaan laut. Dataran rendah dimanfaatkan untuk pemukiman, industri dan pertanian.
b.      Dataran tinggi
Adalah wilayah dataran luas yang terletak pada ketinggian di atas 200 meter. Dataran tinggi disebut juga plateau atau plato. Contohnya dataran tinggi Dieng, Dataran tinggi Bone, dan lain-lain. Dataran tinggi cocok untuk pariwisata dan perkebunan.
c.       Pantai
Adalah wilayah perbatasan antara dataran dan laut. Pantai dimanfaatkan sebagai tempat pariwisata. Contoh: Pantai Carita,Pantai Kasih, dan lain-lain. Pantai juga dimanfaatkan untuk tempat pelelangan ikan dan pembuatan garam.
d.      Gunung
Adalah bagian bumi yang menonjol dengan ketinggian puncaknya di atas 600 meter. Gunung dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu
a)    Gunung berapi merupakan gunung yang masih aktif dan sewaktu-waktu dapat meletus. Contoh: Gunung Merapi.
b)   Gunung tidak berapi merupakan gunung yang sudah tidak aktif lagi. Contoh: Gunung Muria.
e.       Pegunungan adalah rangkaian gunung yang sambung menyambung satu sama lain. Pegunungan juga dimanfaatkan untuk pariwisata. Contoh: Pegunungan Sewu, Pegunungan Jaya Wijaya.
f.        Tanjung merupakan daratan yang menjorok ke laut. Tanjung yang luas disebut semenanjung,. Tanjung banyak dimanfaatkan untuk membangun pelabuhan.
g.      Delta adalah daratan yang berada di tengah sungai. Biasanya di muara sungai. Contoh: Delta Sungai Bengawan Solo.
2.    Wilayah Perairan
a.    Sungai
Sungai banyak dimanfaatkan untuk irigasi dan transportasi. Contoh: Sungai Kapuas di Kalimantan.
b.    Danau
Merupakan suatu cekungan di darat yang amat luas dan berisi air yang dikelilingi oleh daratan.Danau ada 2, yaitu: danau alami karena proses alam dan danau buatan manusia. Danau banyak dimanfaatkan untuk pariwisata dan PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Contoh: Waduk Jati Luhur di Jawa Barat.
c.    Selat
Ialah laut sempit yang berada diantara dua pulau, misalnya selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatera.
d.    Teluk
Ialah laut yang menjorok ke darat, misalnya Teluk Cenderawasih, Teluk Banten.
e.    Rawa
Merupakan dataran rendah yang digenangi air, rawa baik untuk perikanan dan hutan bakau. Misalnya di sepanjang pantai timur Sumatera.
F.      Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan      : Interaktif
2.    Model              : Kontruktivis
3.    Metode            : Ceramah, pengamatan, tanya jawab, diskusi.
G.     Media dan Sumber
1.      Media : Gambar contoh kenampakan alam, infocus, laptop.
2.      Sumber  : Buku Paket Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI kelas IV,
                 karangan Muchtar S.P dkk, Penerbit : Yudhistira, halaman 36-
                 50.

H.    Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.         Salam.
2.         Berdo’a.
3.         Mengondisikan kelas
4.         Pengabsenan, untuk mengecek kehadiran.
5.         Siswa diberikan penjelasan mengenai tujuan pembelajaran.
6.         Siswa diberikan motivasi agar dapat mengikuti pembelajaran dengan baik
10 menit
Inti
1.         Siswa diberi pertanyaan mengenai kenampakan alam oleh guru.
2.         Siswa diajak untuk mengamati gambar kenampakan alam yang ditampilkan oleh guru.
3.         Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai gambar tersebut oleh guru.
4.         Guru memberikan sedikit penjelasan mengenai kenampakan alam.
5.         Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang.
6.         Setiap kelompok diberi lembar kerja untuk dikerjakan secara berkelompok, siswa diberi waktu 10 menit untuk mengerjakan soal tersebut.
7.         Setelah selesai setiap kelompok membacakan hasil pekerjaannya di depan kelas.
8.         Setiap kelompok diberi kesempatan untuk bertanya kepada kelompok yang sedang membacakan hasil perkerjaannya, guru membantu membimbing dalam menjawab.
9.         Siswa diberi kesempatan untuk bertanya apabila ada yang belum dimengerti mengenai materi kenampakan alam.
10.     Siswa bersama guru menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran.
11.     Evaluasi
45 menit
Penutup
1.         Siswa bersama guru menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran.
2.         Siswa dikondisikan untuk pulang.
3.         Berdo’a
4.         Salam
15 menit

I.         Evaluasi
1.    Prosedur tes : Postes
2.    Bentuk tes : uraian
3.    Jenis tes : tertulis
4.    Alat evaluasi : soal dan LKS
            Jawablah pertanyaan dibawah ini!
1.    Apa yang kamu ketahui mengenai kenampakan alam? Jelaskan!
2.    Kenampakan alam daratan terbagi kedalam 3 jenis, sebutkan!
3.    Sebutkan jenis-jenis kenampakan alam perairan!
4.    Pantai merupakan salah satu jenis kenampakan alam yang tergolong kedalam wilayah?
5.    Sebutkan kenampakan alam yang ada disekitar tempat tinggalmu di Jawa barat!



           Penilaian soal evaluasi
No
Nama siswa
Penilaian lembar evaluasi
Keterangan
1.
2.
3.
4.
5.




            Keterangan :
            Soal 1 bernilai 20
            Soal 2 bernilai 20
            Soal 3 bernilai 20
            Soal 4 bernilai 20
            Soal 5 bernilai 20

Bandung,    September 2016
  Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                       Praktikan


 







Lampiran
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Hari/tanggal          :
Kelompok               :
Anggota                : 1.
                               2.
                               3.
                               4.

Tujuan
1.   Siswa mampu membedakan kenampakan alam (daratan dan perairan).
2.  Siswa mampu menyebutkan dan mengelompokan kenampakan alam yang ada disekitar tempat tinggalnya.
Kenampakan Alam Daratan
Kenampakan Alam Perairan




















1 komentar: