RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas/Semester : IV (empat)/1 (satu)
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial
Pokok
Bahasan : Kenampakan Alam
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi
1. Memahami
sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan
kabupaten/kota dan provinsi.
B.
Kompetensi
Dasar
1.2 Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
serta hubungannya dengan keragaman sosial dan budaya.
C.
Indikator
1. Menjelaskan definisi kenampakan alam.
2.
Mengelompokkan
macam-macam kenampakan alam berdasarkan bentuk permukaan bumi.
D.
Tujuan
1. Dengan kegiatan mengamati, siswa mampu
menjelaskan definisi kenampakan alam dengan tepat.
2.
Dengan
kegiatan diskusi, siswa mampu mengelompokkan macam-macam kenampakan alam berdasarkan
bentuk permukaan bumi.
E.
Materi Ajar
Kenampakan Alam
Kenampakan alam (bentang alam) adalah
segala sesuatu yang ada di alam dan terbentuk oleh peristiwa alam. Kenampakan
alam yang dapat kita lihat adalah yang ada dipermukaan bumi. Permukaan bumi
terdiri atas daratan dan perairan. Bentuk permukaan bumi ada dua yaitu wilayah
daratan dan perairan.
1. Wilayah daratan
Adalah bagian dari permukaan bumi
yang tidak difgenangi air dan berbentuk padat Kenampakan alam yang termasuk wilayah
daratan adalah sebagai berikut.
a.
Dataran rendah
Adalah wilayah datar yang memiliki
ketinggian 0-200 meter di atas permukaan laut. Dataran rendah dimanfaatkan
untuk pemukiman, industri dan pertanian.
b.
Dataran tinggi
Adalah wilayah dataran luas yang terletak
pada ketinggian di atas 200 meter. Dataran tinggi disebut juga plateau atau
plato. Contohnya dataran tinggi Dieng, Dataran tinggi Bone, dan lain-lain.
Dataran tinggi cocok untuk pariwisata dan perkebunan.
c.
Pantai
Adalah wilayah perbatasan antara dataran
dan laut. Pantai dimanfaatkan sebagai tempat pariwisata. Contoh: Pantai
Carita,Pantai Kasih, dan lain-lain. Pantai juga dimanfaatkan untuk tempat
pelelangan ikan dan pembuatan garam.
d.
Gunung
Adalah bagian bumi yang menonjol
dengan ketinggian puncaknya di atas 600 meter. Gunung dibedakan menjadi 2
jenis, yaitu
a)
Gunung berapi
merupakan gunung yang masih aktif dan sewaktu-waktu dapat meletus. Contoh:
Gunung Merapi.
b)
Gunung tidak berapi
merupakan gunung yang sudah tidak aktif lagi. Contoh: Gunung Muria.
e.
Pegunungan adalah
rangkaian gunung yang sambung menyambung satu sama lain. Pegunungan juga
dimanfaatkan untuk pariwisata. Contoh: Pegunungan Sewu, Pegunungan Jaya Wijaya.
f.
Tanjung merupakan
daratan yang menjorok ke laut. Tanjung yang luas disebut semenanjung,. Tanjung
banyak dimanfaatkan untuk membangun pelabuhan.
g.
Delta adalah
daratan yang berada di tengah sungai. Biasanya di muara sungai. Contoh: Delta
Sungai Bengawan Solo.
2. Wilayah Perairan
a.
Sungai
Sungai banyak
dimanfaatkan untuk irigasi dan transportasi. Contoh: Sungai Kapuas di
Kalimantan.
b.
Danau
Merupakan suatu
cekungan di darat yang amat luas dan berisi air yang dikelilingi oleh
daratan.Danau ada 2, yaitu: danau alami karena proses alam dan danau buatan
manusia. Danau banyak dimanfaatkan untuk pariwisata dan PLTA (Pembangkit
Listrik Tenaga Air). Contoh: Waduk Jati Luhur di Jawa Barat.
c.
Selat
Ialah laut sempit
yang berada diantara dua pulau, misalnya selat Sunda antara pulau Jawa dan
Sumatera.
d.
Teluk
Ialah laut yang
menjorok ke darat, misalnya Teluk Cenderawasih, Teluk Banten.
e.
Rawa
Merupakan dataran rendah yang
digenangi air, rawa baik untuk perikanan dan hutan bakau. Misalnya di sepanjang
pantai timur Sumatera.
F. Pendekatan, Model dan Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Interaktif
2.
Model : Kontruktivis
3.
Metode : Ceramah, pengamatan, tanya jawab, diskusi.
G.
Media
dan Sumber
1. Media
: Gambar contoh kenampakan alam, infocus, laptop.
2. Sumber : Buku Paket Ilmu Pengetahuan Sosial untuk
SD/MI kelas IV,
karangan Muchtar S.P dkk, Penerbit
: Yudhistira, halaman 36-
50.
H.
Langkah-Langkah
Kegiatan
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Salam.
2.
Berdo’a.
3.
Mengondisikan kelas
4.
Pengabsenan, untuk mengecek kehadiran.
5.
Siswa diberikan penjelasan mengenai tujuan pembelajaran.
6.
Siswa diberikan motivasi agar dapat mengikuti pembelajaran dengan baik
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Siswa diberi pertanyaan
mengenai kenampakan alam oleh guru.
2.
Siswa diajak untuk
mengamati gambar kenampakan alam yang ditampilkan oleh guru.
3.
Siswa diberi kesempatan
untuk bertanya mengenai gambar tersebut oleh guru.
4.
Guru memberikan sedikit
penjelasan mengenai kenampakan alam.
5.
Siswa dibagi menjadi
beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang.
6.
Setiap kelompok diberi
lembar kerja untuk dikerjakan secara berkelompok, siswa diberi waktu 10 menit
untuk mengerjakan soal tersebut.
7.
Setelah selesai setiap
kelompok membacakan hasil pekerjaannya di depan kelas.
8.
Setiap kelompok diberi
kesempatan untuk bertanya kepada kelompok yang sedang membacakan hasil
perkerjaannya, guru membantu membimbing dalam menjawab.
9.
Siswa diberi kesempatan
untuk bertanya apabila ada yang belum dimengerti mengenai materi kenampakan
alam.
10. Siswa
bersama guru menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran.
11. Evaluasi
|
45 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru menyimpulkan
hasil kegiatan pembelajaran.
2.
Siswa dikondisikan
untuk pulang.
3.
Berdo’a
4.
Salam
|
15 menit
|
I.
Evaluasi
1. Prosedur
tes : Postes
2. Bentuk
tes : uraian
3. Jenis
tes : tertulis
4.
Alat evaluasi : soal dan
LKS
Jawablah pertanyaan dibawah ini!
1. Apa
yang kamu ketahui mengenai kenampakan alam? Jelaskan!
2. Kenampakan
alam daratan terbagi kedalam 3 jenis, sebutkan!
3. Sebutkan
jenis-jenis kenampakan alam perairan!
4. Pantai
merupakan salah satu jenis kenampakan alam yang tergolong kedalam wilayah?
5. Sebutkan
kenampakan alam yang ada disekitar tempat tinggalmu di Jawa barat!
Penilaian soal evaluasi
No
|
Nama siswa
|
Penilaian lembar evaluasi
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Keterangan
:
Soal
1 bernilai 20
Soal
2 bernilai 20
Soal
3 bernilai 20
Soal
4 bernilai 20
Soal
5 bernilai 20
Bandung,
September 2016
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Praktikan
Lampiran
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Hari/tanggal :
Kelompok :
Anggota : 1.
2.
3.
4.
Tujuan
1. Siswa mampu membedakan kenampakan alam (daratan dan
perairan).
2. Siswa mampu menyebutkan dan mengelompokan kenampakan
alam yang ada disekitar tempat tinggalnya.
Kenampakan Alam Daratan
|
Kenampakan Alam Perairan
|
gimana cara download nya
BalasHapus