RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas/Semester : IV (empat)/2 (dua)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial (IPS)
Materi Pokok : Hubungan Kenampakan Alam dan
Sosial Budaya
Alokasi
Waktu : 2 x 35
menit
A.
Standar Kompetensi
1.
Memahami
sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungankabupaten/kota
dan provinsi.
B.
Kompetensi Dasar
1.2 Mendeskripsikan
kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan propinsi serta hubungannya
dengan keragaman sosial budaya.
C.
Indikator
1.
Menjelaskan
keanekaragaman sosial budaya di
lingkungan tempat tinggal.
2.
Menyebutkan
pengaruh keberagaman sosial budaya terhadap kenampakan alam.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan
kegiatan mengamati, siswa dapat menjelaskan keanekaragaman sosial budaya di lingkungan tempat tinggal.
2.
Melalui
kegiatan diskusi, siswa dapat menyebutkan pengaruh keberagaman sosial budaya
terhadap kenampakan alam.
E.
Materi Ajar
Keragaman Sosial dan Budaya Masyarakat
1.
Keragaman
Sosial
Berdasarkan letak geografisnya, penduduk Indonesia
dibedakan menjadi dua kategori tempat tinggal, pedesan dan perkotaan. Kedua
kategori tersebut memiliki kondisi sosial yang berbeda. Adapun keragaman sosial
masyarakat meliputi mata pencaharian, tempat tinggal, norma, adat kebiasaan dan
sebagainya.
2.
Hubungan
Kenampakan Alam dengan Keragaman Sosial
Kenampakan alam terdiri dari gunung, pantai, dataran tinggi, dataran rendah dan sebagainya. Bentuk-bentuk kenampakan alam tersebut dapat mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat sesuai tempat dan keadaan alam yang didiaminya.
Kenampakan alam terdiri dari gunung, pantai, dataran tinggi, dataran rendah dan sebagainya. Bentuk-bentuk kenampakan alam tersebut dapat mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat sesuai tempat dan keadaan alam yang didiaminya.
Contohnya penduduk yang bertempat tinggal di daerah
pantai, maka mata pencahariannya sebagai seorang nelayan. Selain itu norma dan
adat kebiasaan yang dianut akan berbeda dengan norma dan adat kebiasaan
masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan. Masyarakat yang tinggal di daerah
pegunungan sebagian besar bermata pencaharian dibidang pertanian, perkebunan
dan pariwisata.
Masyarakat Indonesia yang bertempat tinggal di pedesaan
akan banyak memanfaatkan kekayaan alam dan masih memegang teguh adat kebiasaan
nenek moyang. Sementara masyarakat yang bertempat tinggal di daerah perkotaan
memiliki mata pencaharian yang beragam.
F.
Pendekatan, Model dan Metode
1.
Pendekatan : Interaktif
2.
Model
:
Inkuiri
3.
Metode :
Ceramah, penugasan, diskusi, tanya jawab
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
memberi salam.
2.
Mengondisikan
siswa dengan berdoa sebelum belajar.
3.
Guru
mengabsen siswa.
4.
Guru
mengapersepsi materi yang telah diajarkan sebelumnya.
5.
Guru
memaparkan tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Siswa
diminta mengamati gambar keragaman sosial budaya.
2.
Siswa
diberi pertanyaan mengenai gambar yang diamati.
3.
Siswa
bersama guru menentukan rumusan masalah “Perilaku sosial apa saja yang
dipengaruhi kenampakan alam?”
4.
Siswa
dibentuk ke dalam 4 kelompok.
5.
Siswa
diminta mengemukakan pemecahan masalah yang telah ditentukan.
6.
Siswa
diminta mencari data-data tentang perilaku sosial dari sumber buku yang telah
guru sediakan.
7.
Siswa
bersama kelompoknya mendiskusikan pemecahan masalah.
8.
Perwakilan
setiap kelompok diminta mengmukakan hasil diskusi.
9.
Siswa
diminta memberi tanggapan kepada kelompok yang telah mengemukakan hasil
diskusinya.
10.
Siswa
bersama guru menarik kesimpulan dari hasil diskusi kelas.
|
45 menit
|
Penutupan
|
1.
Guru
bersama siswa menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran pada hari itu.
2.
Siswa
diberi soal evaluasi secara individu.
3.
Guru
mengondisikan siswa agar berdoa sebelum pulang
|
15 menit
|
H.
Media dan Sumber Belajar
1.
Media
Pembelajaran : Gambar contoh keragaman
sosial
2.
Sumber
Berlajar : Buku paket
Ilmu Pengetahuan Sosial untuk
SD/MI kelas IV
karangan Suranti dan Eko
Setiawan S, halaman 33-37
I.
Evaluasi
1.
Prosedur
tes : Postes
2.
Bentuk
tes : Uraian
3.
Jenis
tes : Tertulis
4.
Alat
evaluasi : Soal dan LKS
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1.
Sebutkan
minimal tiga contoh perilaku sosial yang dipengaruhi kenampakan alam!
2.
Bagaimana
sikap kita ketika menghadapi perbedaan sosial yang berada dilingkungan sekitar?
3.
Sebutkan
minimal tiga contoh yang mencirikan keberagaman sosial di dataran rendah!
Penilaian
Kognitif
No
|
Keterangan
|
Skor
|
1.
|
Siswa mampu menyebutkan tiga atau lebih contoh perilaku
sosial dengan tepat.
|
4
|
Siswa mampu menyebutkan dua contoh perilaku sosial
dengan tepat.
|
3
|
|
Siswa mampu menyebutkan satu contoh perilaku sosial
dengan tepat.
|
2
|
|
Siswa mampu menyebutkan contoh perilaku sosial tetapi
kurang tepat.
|
1
|
|
2.
|
Siswa dapat memaparkan sikap dalam menghadapi perbedaan
sosial dengan tepat.
|
2
|
Siswa dapat memaparkan sikap dalam menghadapi perbedaan
sosial tetapi kurang tepat.
|
1
|
|
Siswa tidak dapat memaparkan sikap dalam menghadapi
perbedaan sosial dengan tepat.
|
0
|
|
3.
|
Siswa dapat menyebutkan tiga atau lebih kegiatan dengan tepat.
|
4
|
Siswa dapat menyebutkan dua kegiatan dengan tepat.
|
3
|
|
Siswa dapat menyebutkan satu kegiatan dengan tepat.
|
2
|
|
Siswa dapat menyebutkan kegiatan tetapi kurang tepat.
|
1
|
Penilaian
afektif
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Kejujuran
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
Baik sekali
|
Kerjasama
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
Baik sekali
|
Tanggung jawab
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
Baik sekali
|
Ketekunan
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
Baik sekali
|
Penilaian
Psikomotor
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Mampu memecahkan masalah
|
Tidak mampu memecahkan masalah
|
Mampu memecahkan masalah tetapi tidak tepat
|
Mampu memecahkan masalah dengan tepat tetapi tidak lengkap
|
Mampu memecahkan masalah dengan tepat dan lengkap
|
Mampu mengkomunikasikan hasil diskusi
|
Tidak mampu memecahkan masalah
|
Mampu mengkomunikasikan hasil diskusi tetapi kurang
jelas
|
Mampu mengkomunikasikan hasil diskusi tetapi kurang
jelas dan tidak lengkap
|
Mampu mengkomunikasikan hasil diskusi dengan jelas dan
lengkap
|
Bandung, September 2016
Mengetahui,
Dosen Pengampu Praktikan,
Lampiran
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Hari/tanggal :
Kelompok :
Anggota : 1.
2.
3.
4.
Tujuan : Siswa
dapat mengelompokkan perbedaan
sosial yang dipengaruhi kenampakan alam
Rumusan Masalah : Perilaku sosial apakah yang dipengaruhi dan
mempengaruhi kenampakan alam?
1.
Tuliskan
fakta dan data yang diperoleh dari buku sumber!
Lingkungan
|
Mata
Pencaharian
|
Tempat
tinggal
|
Adat
kebiasaan
|
Norma yang
berlaku
|
Pedesaan
|
||||
Perkotaan
|
||||
Pegunungan
|
||||
Pantai
|
2.
Sebutkan
perilaku yang mempengaruhi kenampakan alam!
a.
...
b.
...
c.
...
3.
Tuliskan
cara yang dapat kamu lakukan untuk mengantisipasi terjadinya masalah pada
kenampakan alam akibat perilaku manusia!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar