Selasa, 04 September 2018

RPP HUBUNGAN KENAMPAKAN ALAM DAN SOSIAL BUDAYA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
Kelas/Semester                        : IV (empat)/2 (dua)
Mata Pelajaran                        : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Materi Pokok              : Hubungan Kenampakan Alam dan Sosial Budaya
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
A.                Standar Kompetensi
1.        Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungankabupaten/kota dan provinsi.
B.                 Kompetensi Dasar
1.2 Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan propinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial budaya.
C.                Indikator
1.    Menjelaskan keanekaragaman  sosial budaya di lingkungan tempat tinggal.
2.    Menyebutkan pengaruh keberagaman sosial budaya terhadap kenampakan alam.
D.                Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan kegiatan mengamati, siswa dapat menjelaskan keanekaragaman  sosial budaya di lingkungan tempat tinggal.
2.    Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat menyebutkan pengaruh keberagaman sosial budaya terhadap kenampakan alam.
E.                 Materi Ajar
Keragaman Sosial dan Budaya Masyarakat
1.        Keragaman Sosial
Berdasarkan letak geografisnya, penduduk Indonesia dibedakan menjadi dua kategori tempat tinggal, pedesan dan perkotaan. Kedua kategori tersebut memiliki kondisi sosial yang berbeda. Adapun keragaman sosial masyarakat meliputi mata pencaharian, tempat tinggal, norma, adat kebiasaan dan sebagainya.
2.        Hubungan Kenampakan Alam dengan Keragaman Sosial
                       Kenampakan alam terdiri dari gunung, pantai, dataran tinggi, dataran rendah dan sebagainya. Bentuk-bentuk kenampakan alam tersebut dapat mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat sesuai tempat dan keadaan alam yang didiaminya.
Contohnya penduduk yang bertempat tinggal di daerah pantai, maka mata pencahariannya sebagai seorang nelayan. Selain itu norma dan adat kebiasaan yang dianut akan berbeda dengan norma dan adat kebiasaan masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan. Masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan sebagian besar bermata pencaharian dibidang pertanian, perkebunan dan pariwisata.
Masyarakat Indonesia yang bertempat tinggal di pedesaan akan banyak memanfaatkan kekayaan alam dan masih memegang teguh adat kebiasaan nenek moyang. Sementara masyarakat yang bertempat tinggal di daerah perkotaan memiliki mata pencaharian yang beragam.
F.                 Pendekatan, Model dan Metode
1.    Pendekatan      : Interaktif
2.    Model             : Inkuiri
3.    Metode                        : Ceramah, penugasan, diskusi, tanya jawab
G.                Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.        Guru memberi salam.
2.        Mengondisikan siswa dengan berdoa sebelum belajar.
3.        Guru mengabsen siswa.
4.        Guru mengapersepsi materi yang telah diajarkan sebelumnya.
5.        Guru memaparkan tujuan pembelajaran
10 menit
Inti
1.        Siswa diminta mengamati gambar keragaman sosial budaya.
2.        Siswa diberi pertanyaan mengenai gambar yang diamati.
3.        Siswa bersama guru menentukan rumusan masalah “Perilaku sosial apa saja yang dipengaruhi kenampakan alam?”
4.        Siswa dibentuk ke dalam 4 kelompok.
5.        Siswa diminta mengemukakan pemecahan masalah yang telah ditentukan.
6.        Siswa diminta mencari data-data tentang perilaku sosial dari sumber buku yang telah guru sediakan.
7.        Siswa bersama kelompoknya mendiskusikan pemecahan masalah.
8.        Perwakilan setiap kelompok diminta mengmukakan hasil diskusi.
9.        Siswa diminta memberi tanggapan kepada kelompok yang telah mengemukakan hasil diskusinya.
10.    Siswa bersama guru menarik kesimpulan dari hasil diskusi kelas.
45 menit
Penutupan
1.        Guru bersama siswa menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran pada hari itu.
2.        Siswa diberi soal evaluasi secara individu.
3.        Guru mengondisikan siswa agar berdoa sebelum pulang
15 menit

H.                Media dan Sumber Belajar
1.    Media Pembelajaran    : Gambar contoh keragaman sosial
2.    Sumber Berlajar                      : Buku paket Ilmu Pengetahuan Sosial untuk
 SD/MI kelas IV karangan Suranti dan Eko
 Setiawan S, halaman 33-37
I.                   Evaluasi
1.    Prosedur tes     : Postes
2.    Bentuk tes       : Uraian
3.    Jenis tes                       : Tertulis
4.    Alat evaluasi    : Soal dan LKS
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1.    Sebutkan minimal tiga contoh perilaku sosial yang dipengaruhi kenampakan alam!
2.    Bagaimana sikap kita ketika menghadapi perbedaan sosial yang berada dilingkungan sekitar?
3.    Sebutkan minimal tiga contoh yang mencirikan keberagaman sosial di dataran rendah!
Penilaian Kognitif
No
Keterangan
Skor
1.
Siswa mampu menyebutkan tiga atau lebih contoh perilaku sosial dengan tepat.
4

Siswa mampu menyebutkan dua contoh perilaku sosial dengan tepat.
3

Siswa mampu menyebutkan satu contoh perilaku sosial dengan tepat.
2

Siswa mampu menyebutkan contoh perilaku sosial tetapi kurang tepat.
1
2.
Siswa dapat memaparkan sikap dalam menghadapi perbedaan sosial dengan tepat.
2

Siswa dapat memaparkan sikap dalam menghadapi perbedaan sosial tetapi kurang tepat.
1

Siswa tidak dapat memaparkan sikap dalam menghadapi perbedaan sosial dengan tepat.
0
3.
Siswa dapat menyebutkan tiga atau lebih  kegiatan dengan tepat.
4

Siswa dapat menyebutkan dua  kegiatan dengan tepat.
3

Siswa dapat menyebutkan satu  kegiatan dengan tepat.
2

Siswa dapat menyebutkan kegiatan tetapi kurang tepat.
1
Penilaian afektif
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
4
Kejujuran
Kurang
Cukup
Baik
Baik sekali
Kerjasama
Kurang
Cukup
Baik
Baik sekali
Tanggung jawab
Kurang
Cukup
Baik
Baik sekali
Ketekunan
Kurang
Cukup
Baik
Baik sekali
Penilaian Psikomotor
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
4
Mampu memecahkan masalah
Tidak mampu memecahkan masalah
Mampu memecahkan masalah tetapi tidak tepat
Mampu memecahkan masalah dengan tepat tetapi tidak lengkap
Mampu memecahkan masalah dengan tepat dan lengkap
Mampu mengkomunikasikan hasil diskusi
Tidak mampu memecahkan masalah
Mampu mengkomunikasikan hasil diskusi tetapi kurang jelas
Mampu mengkomunikasikan hasil diskusi tetapi kurang jelas dan tidak lengkap
Mampu mengkomunikasikan hasil diskusi dengan jelas dan lengkap

                                           Bandung,  September 2016
    Mengetahui,                                                                                               
  Dosen Pengampu                                                                                                                  Praktikan,


Lampiran
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Hari/tanggal           :
Kelompok                         :
Anggota                                    : 1.
                                            2.
                                            3.
                                            4.
Tujuan                                      : Siswa dapat mengelompokkan perbedaan
 sosial yang dipengaruhi kenampakan alam
  Rumusan Masalah     : Perilaku sosial apakah yang dipengaruhi dan
 mempengaruhi kenampakan alam?
1.   Tuliskan fakta dan data yang diperoleh dari buku sumber!
Lingkungan
Mata Pencaharian
Tempat tinggal
Adat kebiasaan
Norma yang berlaku
Pedesaan




Perkotaan




Pegunungan




Pantai




2.  Sebutkan perilaku yang mempengaruhi kenampakan alam!
a.            ...
b.            ...
c.            ...
3.  Tuliskan cara yang dapat kamu lakukan untuk mengantisipasi terjadinya masalah pada kenampakan alam akibat perilaku manusia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar